Mengurangi Berat Badan?

Kita mungkin mengenal beberapa cara mengurangi berat badan, seperti diet dan olahraga. Jargon "diet" sebenarnya masih agak tabu untukku dan mungkin bagi sebagian yang lain. Walau terkesan tabu, tapi aku coba cerita sedikit hal-hal tentang diet dan beberapa hal yang sudah aku jalani sampai hari ini. [kok bisa tabu dengan diet sih pi?] Aku dulu termasuk orang yang tidak begitu simpatik dengan yang namanya diet, karena terkesan seperti menyiksa sendiri. Kamu harus menjadi kamu apa adanya bukan? Tidak peduli dengan ukuran tubuhmu. Lalu, bagaimana kalau semua itu mulai mengikis perlahan kebugaran dan kesehatanmu?

Morgan Spurlock dalam film dokumenternya berjudul Super Size Me, memberi gambaran padaku bagaimana obesitas menjadi masalah besar bagi masyarakat modern. Saat ini serangan makanan siap saji bertubi-tubi menghajar masyarakat tanpa kenal belas kasihan. Film dokumenter Spurlock ini memberikanku inspirasi dan akhirnya memutuskan untuk mengubah cara pandang terhadap diet.

Beberapa hal yang aku canangkan dalam program mengurangi berat badan :

Timbangan

Sebuah video dari geekbeat.tv ini menginspirasiku tentang timbangan. Jenis timbangan yang sering kita pakai adalah timbangan mekanis. Adapula timbangan elektronis (digital) yang memiliki tingkat ketelitian lebih tinggi dan harga yang mahal [he3x :D].

Timbangan diperlukan agar aku terus mengetahui informasi tentang berat badanku secara berkala. Biasanya aku seminggu sekali menimbang dan mencatatnya agar aku tahu sejauh apa perkembangan program yang aku jalankan. Beberapa tips soal menimbang berat badan ada di sini.

Pola Makan (Diet)

Makan memberikan kekuatan bagi tubuh, dan makan dengan kesadaran memberi kesucian bagi tubuh -- Shah Bahauddin Naqshband
Mengatur pola makan adalah salah satu hal penting dalam program. Tanpa pola makan yang baik, program kita tidak akan berarti apa-apa. Sebenarnya setiap pola makan yang kita bisa temukan di internet cukup baik asal menjalaninya dengan sabar dan istiqomah (konsisten). Aku sendiri tidak punya hal-hal yang begitu rumit tentang pola makan ini. Aku hanya menerapkan hal-hal sederhana seperti salah satu firman Allah SWT yang termaktub dalam Al-Qur'an berikut ini:
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan" -- Al-A'raf : 31
Kata kuncinya adalah tidak berlebih-lebihan. Makanlah dengan cukup dan rumus cukup ini terdapat dalam sebuah hadist Rasulullah SAW :
"Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas" -- HR. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim
Jangan melewatkan sarapan pagi. Sarapanlah dengan makanan yang berserat tinggi seperti sereal, sayuran atau buah-buahan. Untuk aku pribadi, sereal hanya sesekali saja karena cukup mahal. Aku lebih sering mengkonsumsi buah-buahan, seperti pisang. Jika anda bekerja, sedikit nasi plus sayuran juga tak jadi masalah asal cukup [ingat rumus "cukup" di atas].

Mulailah makan dengan makanan yang lembut dan mudah dicerna, misalnya memulai dengan makan buah terlebih dahulu kemudian makan makanan utama dan bukan sebaliknya. Juga kurangi konsumsi gula setiap hari atau menggantinya dengan gula rendah kalori, misalnya gula jagung. Yah, termasuk juga mengurangi cemilan yang manis-manis tentunya.

Olahraga

Olahraga kayak apa yang mesti dipilih untuk diet? Yang jelas bukan yang berat-berat. Jika memang ingin mengkombinasikan diet dengan olahraga pilihlah berjalan kaki atau berenang dengan santai selama 30 - 60 menit. Kenapa yang ringan-ringan? karena jelas tujuan olahraga kita disini untuk membakar lemak ya kan?. Olahraga berat  dalam waktu yang lama tidak mengambil asupan energi dari lemak melainkan dari protein-protein di otot. Kalau memang mau membentuk tubuh jadi kotak-kotak [kayak robot], barulah pilih olahraga berat. Nah, itupun dengan pola makan yang diatur berbeda pula. Jadi, jangan berlebihan juga dalam berolahraganya ya.

Tidur

Tidur yang cukup juga sangat berperan pada program yang aku jalani. Takaran tidur cukupku yang standar saja, yaitu 7 - 8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup, kondisi kita bisa lebih bugar dan dapat memulai program keesokan harinya dengan baik.

Teman

Dalam menjalani program pengurangan berat badan, tentu saja anda membutuhkan teman. Anda butuh teman agar bisa bertukar pikiran soal program yang sedang dijalani masing-masing. Memiliki teman selama menjalani program dapat memberi motivasi dan inspirasi. Jadi jangan lakukan ini sendirian [gag enak, beneran..].

Kesimpulan

Ingat! program ini bukan hanya sekedar dijalankan sekali lalu kemudian setelah memperoleh hasil positif, maka ditinggalkan. Diet hakikatnya adalah merubah pola lama menjadi pola baru yang lebih baik. Kemudian diharapkan pola itu melekat pada kita. Jika memang berniat melanjutkan programnya ke tahap membentuk tubuh jadi kotak-kotak [kayak robot] jelas memungkinkan dan sah-sah saja. Malahan menurutku bisa jadi lebih mudah.

CMIIW! Selamat Mencoba! :D
Gambar diambil dari sini



Powered by ScribeFire.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi