Hidup itu Indah, Kawan!

Katakanlah: "yaa Azhiim" (Yang Maha Agung), Engkaulah Yang Maha Agung
Sungguh kami mempunyai masalah yang berat dan semua hal yang kami khawatirkan
Akan menjadi mudah dengan menyebutkan Nama-Mu Yang Agung
Engkau adalah Yang Maha Terdahulu, Yang Terdahulu sejak zaman azali
Engkaulah Yang Maha Lembut, Yang Kelembutannya tak berkesudahan
Hilangkanlah dari kami apa yang telah menimpa kami
Dari persoalan-persoalan yang berat dan rumit
(Qul ya Adzhiim)


Buku yang bertajuk "Hidup itu Indah" ini sebenarnya adalah sebuah kumpulan komik karya Mas Aji Prasetyo. Seperti halnya sebuah komik, mungkin kita berharap akan tertawa ketika membacanya. Namun, buku ini tidak diberi label "buku komik humor", jadi kita boleh mengeluarkan ekspresi apa saja selain tawa.

Membaca komik opini ini membuat aku menitikkan air mata, dan kalau tidak karena malu mungkin sudah menangis tersedu-sedu. Beberapa cerita memang begitu mengharukan bagiku. Entah kalian akan merasakan efek yang sama ketika membacanya.

Bagian paling saya ingat adalah ketika Mas Aji bercerita tentang Cibro, seorang teman di dunia maya. Nasibnya ternyata tak sebagus bahasa-bahasa dan argumennya di forum dunia maya. Ia harus mengakhiri nyawanya sendiri karena [mungkin] berbagai tekanan yang menerpa pribadinya. Kebiasaan buruk yang dilakukan Cibro yaitu merokok dan ngelem, menurut seorang ahli psikologi membantu menambah gangguan dalam pribadinya. Aku mencoba menjejaki tulisan-tulisan Cibro di dunia maya dan tak bisa percaya ia adalah orang yg sama yang harus mengambil keputusan "salah" itu. Hal yang sangat mengejutkan berikutnya adalah ternyata Cibro berada satu kota denganku disaat peristiwa itu terjadi. Tempat kejadian perkaranya pun begitu dekat, tapi aku tak pernah mendengar berita ini. Miris jika harus mengetahui peristiwa ini dari orang-orang nun jauh di sana.

Oya, Bulan Ramadhan hampir sudah tiba. Aku mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1432 Hijriyah dan memohon maaf lahir dan batin kepada pembaca blog ini yang tidak bisa disebut satu persatu.

[1] Berita peristiwa 'Cibro' silahkan baca di sini.
[2] Tulisan - tulisan Cibro, silahkan baca di sini.



Powered by ScribeFire.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi