Wubi : Ubuntu on Windows




Beberapa orang teman yang saya anjurkan untuk memakai Linux selalu merasa khawatir. Pertama, mereka khawatir kalau instalasi Linux akan menghilangkan Windows mereka. Saya sudah berikan solusi menggunakan dual booting pada PC mereka. Namun, lagi-lagi kekhawatiran muncul tatkala Harddisk harus dipartisi. Mereka khawatir data-data yang ada akan hilang karena proses partisi. Sebenarnya saya sudah coba yakinkan bahwa mereka tidak akan kehilangan data kalau mempartisi dengan benar. Namanya juga khawatir, akhirnya dengan baik mereka menolak. Jika hal demikian juga membuat anda khawatir lalu menafikan Linux sejauh-jauhnya. Kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang ada Wubi. [kok kayak iklan produk TV Media y?]

Apa itu Wubi?

Wubi adalah installer Ubuntu untuk para pengguna Windows yang membuat instalasi Ubuntu seakan meng-install sebuah program biasa. Pengguna Windows dapat dengan mudahnya menginstall Ubuntu, tanpa khawatir kehilangan instalasi Windows atau data-data yang anda butuhkan pada Windows. Wubi sangat sederhana, aman, dan bebas. Anda dapat mengunduh Wubi dari situs ini. Anda juga dapat temukan Wubi pada CD Ubuntu Hardy Heron.

Selamat Mencoba!

Komentar

  1. emang harus pake wubi ini ya dek kalo mo install ubuntu.?
    kalo dulu sih, ab mo make xp sama mandriva atau redhat biasanya make partition magic..
    aman aja data-datanya..
    tapi gak tau juga dengan ubuntu., habisnya disk yang kita copy kemarin rusak., belum sempat di preteli., tapi udalah tu, lagi males aja mesan ke belanda., gratisan toh..

    BalasHapus
  2. oh.., baru ab buka site wubinya.,
    hmm., jadi segampang itu buat install & uninstallnya., ntarlah ab coba ya..

    BalasHapus
  3. @jombond : ini fitur yang dikembangin untuk install ubuntu dengan mudah. Tanpa perlu "menyentuh Harddisk". Kan kadang2 ada orang yang sensitif masalah HD bg?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi