UPK SMKN 1 PST : Hari Ke - 2

Nah! hari ini adalah pelaksanaan UPK hari kedua dengan jumlah peserta 12 orang terdiri dari 6 siswa dan 6 siswi. Pelaksanaan UPK hari ini tidak terlalu lama, siswa-siswi peserta UPK dapat mengerjakan soal dengan lancar. Permasalahan pada peralatan dan bahan selama pelaksanaan UPK hari ini juga minim.

Tahap-tahap pengerjaan soal pada UPK biasanya dimulai dengan proses perakitan Komputer Server yang telah disediakan untuk setiap peserta. Keahlian ini sudah diajarkan pada peserta sejak masih Kelas 1, jadi peserta sudah menguasai keahlian perakitan Komputer.

Merakit Komputer Server
Selanjutnya, peserta melakukan instalasi sistem operasi GNU/Linux (Debian GNU/Linux) pada komputer server yang telah selesai dirakit.

Sibuk!
Selagi proses instalasi berjalan, peserta memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP menggunakan crimping tools. Kabel ini dipakai untuk menghubungkan antara komputer server, switch dan komputer client.

Memasang RJ-45 pada Kabel UTP
Selesai instalasi sistem operasi Debian GNU/Linux, peserta mulai melakukan instalasi paket-paket yang diperlukan untuk membuat DNS Server (bind9), Mail Server (postfix, courier-imap, courier-pop) dan Webmail client (squirrelmail). Kemudian, melakukan konfigurasi menyesuaikan dengan soal yang diberikan.

Mengkonfigurasi Server
Setelah konfigurasi pada komputer server selesai, peserta melakukan konfigurasi pada komputer client sebelum menghubungkannya ke switch. Kemudian, peserta melakukan ujicoba koneksi antara komputer server dan komputer client sesuai  dengan topologi yang diharapkan di soal.

Melakukan Percobaan Koneksi
Pada UPK hari kedua, tidak ada peserta yang gagal. Namun, kesulitan peserta yang saya perhatikan terletak pada konfigurasi dan troubleshooting server.

Powered by ScribeFire.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi