Ubuntu 9.04 Mengecewakan?

Situs Phoronix telah melakukan benchmarking terhadap dua sistem operasi yaitu, Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope dan Mac OSX 10.5.6 Leopard. Benchmarking tersebut menggunakan tool Phoronix Test Suite 2.0. Setelah membaca artikel di situs Phoronix tentang benchmarking tersebut, ternyata Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope memiliki kinerja yang mengecewakan dibanding dengan Mac OSX 10.5.6 Leopard.

Ubuntu terlampaui pada benchmark kinerja grafik 2D dan 3D, enkoding audio, floating-point arithmetic, SQLite, Crafty, PosgreSQL dan pada sistem render Sunflow. Editor situs Phoronix mempermasalahkan kinerja Kernel Linux 2.6.28 yang buruk, terutama pada kinerja SQLite, karena banyak aplikasi di Linux yang bergantung pada kinerja SQlite seperti Mozilla Firefox dan beberapa aplikasi yang menggunakan Python.

Namun, perbaikan telah dilakukan pada versi kernel Linux terbaru, 2.6.29. Ubuntu 9.10 Karmic Koala akan menggunakan kernel tersebut pada rilisnya nanti. Diharapkan pada rilis berikutnya, Ubuntu memiliki kinerja yang lebih baik.

Sumber:
[1]http://www.phoronix.com/scan.php?page=article&item=ubuntu_jaunty_osx


Powered by ScribeFire.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi