Picasa : Photo Manager dari Google



Kita sering menyimpan berbagai foto digital di komputer kita. Namun, kalau jumlah foto-foto digital ini mulai memenuhi tempat penyimpanan di PC kita, maka kita mulai menemukan berbagai kesulitan. Mulai dari kesulitan pengaturan foto-foto digital ini [berseraklah jadinya] hingga kesulitan untuk mencari foto-foto yang kita ingin lihat atau cetak. Apalagi foto-foto itu anda letakkan di sejumlah folder yang berbeda di PC anda. Yakinlah, anda pasti stress jika hanya mengandalkan search engine bawaan dari operating system (OS) yang anda pakai.[gag percaya?]

Nah, ada aplikasi yang dapat membantu kita untuk mengatasi kesulitan yang disebut tadi. Nama aplikasi itu adalah Picasa. Aplikasi yang dibuat oleh Google ini dapat membantu kita mencari, mengedit dan mengirim foto. Tentu kita pernah mengenal ACDSee dan Adobe Photoshop Album Starter Edition. Kedua aplikasi ini juga digunakan untuk fungsi-fungsi yang dimiliki Picasa. Untuk dapat menggunakan ACDSee anda harus membelinya, sedangkan Adobe Photoshop Album Starter Edition dapat anda unduh di sini. Namun, saya enggak bisa menggunakan kedua aplikasi ini, karena tidak mendukung OS yang saya pakai.

Jika anda punya account Gmail, anda juga dapat menggunakan fasilitas Picasa Web Albums yang dapat digunakan untuk upload foto-foto di PC anda. Picasa Web Album mirip dengan Flickr , Imageshack atau Photobucket. Picasa memiliki fitur agar anda dapat melakukan uploading foto ke Web Albums langsung dari software ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi