Buku-buku FOSS sulit didapat?

Mungkin kawan-kawan komunitas FOSS merasa sulit untuk mendapatkan buku-buku mengenai FOSS. Ada buku mengenai FOSS tapi tidak membahas topik secara mendalam. Topik buku juga sangat sedikit variasinya, biasanya seputar pemrograman atau administrasi jaringan dan server. Sehingga komunitas FOSS yang mencoba menggembangkan minat lain, seperti desain grafis atau bahasa program lainnya, kesulitan untuk dapat literatur yang baik.

Sebenarya, untuk beberapa topik, sudah terdapat literatur online yang biasanya berbahasa inggris. Nah, permasalahannya kemudian adalah kendala bahasa. Mungkin agak sulit memahami maksud tulisan dalam bahasa inggris, serta dengan jargon-jargon yang belum dikenal baik pula. Hal ini menambah kerumitan memahami maksud dari tulisan tersebut. Solusinya adalah Anda harus belajar bahasa inggris dengan baik dan benar. Sudah banyak kok lembaga pendidikan bahasa inggris.

Minggu lalu, aku dan istri berkunjung ke salah satu toko buku ternama di Medan. Kami bermaksud membelikan hadiah untuk adik yang berulang tahun. Sambil berkeliling untuk cari buku yang hendak dibeli, sesekali aku melirik ke rak buku komputer. Di rak-rak itu kudapati begitu banyak buku tentang komputer, seperti algoritma, bahasa program, desain grafis, desain vektor, sistem operasi, aplikasi perkantoran dan lainnya. Aku perhatikan satu-persatu buku, mulai dari sampul dan sedikit membaca-baca isinya (itupun kalo yang sampul plastiknya sudah terbuka).

Buku yang berkenaan FOSS tentu ada walaupun tidak banyak. Aku mencari buku tentang  bahasa pemrograman Python dan aplikasi perkantoran Libreoffice, tapi tak mendapati satupun buku yang berkenaan dengan itu. Mungkin karena kedua hal ini tidak begitu populer di Indonesia, di Kota Medan khususnya. Jadi bisa saja buku-buku itu tidak menarik perhatian penerbit untuk diterbitkan atau distribusinya tidak sampai ke Kota Medan.

Di luar Indonesia, buku mengenai FOSS sudah banyak diterbitkan. Salah satu penerbitnya adalah O'reilly, yang sudah banyak menerbitkan buku yang berkenaan dengan FOSS. Aku pernah membeli salah satu buku terbitan O'reilly. Waktu itu ada seorang teman yang sedang berkunjung ke Malaysia dan aku titip untuk dibelikan buku dari sana. Heran, kenapa buku O'reilly tidak sampai kemari ya? :D

Kelangkaan ini sebenarnya bukan cuma masalah melainkan juga peluang. Coba bayangkan, kita memiliki peluang yang lebih luas untuk menggali potensi dari menerbitkan buku-buku yang berkenaan dengan FOSS. Saya yakin jika ada yang tertarik untuk mengelola hal ini, bisa memberikan keuntungan baik kepada komunitas pengguna dan juga penerbit. Komunitas FOSS sendiri sudah cukup berkembang dan baiknya perkembangan ini diarahkan menuju produktifitas. Salah satu produktifitas yang dapat dicapai yakni menulis dan menerbitkan buku tentang FOSS.

Cemana? Tertarik?

Komentar

  1. Di Jakarta itu banyak seperti Clik and Drag (www.clickbookshop.com)di Mal Mangga dua lantai 4 (saya juga pelanggan disini) juga ada tokobuku Internasional seperti Kinokuniya di Grand Indonsia lantai dasar, trus di Pondo Indah mall (di Sogo nya) dan yang terbesar di Plaza Senayan (lantai paling atas). saya bertahun-tahun mengunjungi toko buku tersebut terutama mencari buku opensource berkaitan dengan system administratror. Akhir-akhir ini mereka menghentikan penjualan buku open source setelah sebelumnya mereka men discount alias obral buku-buku opensource hingga dicount 75 % karena buku tersebut tidak ada peminat. bahkan toko buku clickbookshop menjual buku Import opensource dari luar negeri hinga harganya Rp 50.000. Sekarang toko buku click book shop tersebut berkonsentrasi menjual buku fotografi. Artinya buku-buku opensource kurang diminati dinegara kita ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga menemukan beberapa toko buku online yang menyediakan buku impor seperti http://opentrolley.co.id - tapi saya belum pernah berbelanja disana.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi