Kuliah Fault Tolerant System #2

Network Fault Tolerant

Skenario Network Redundancy menggunakan  Virtualbox

Terdapat 3 host (server) yang memiliki konfigurasi yang sama. Semua host memiliki layanan yang sama yaitu HTTP Server, namun setiap host memiliki Alamat IP yang berbeda satu sama lain.

Host pertama adalah Server layanan utama. Dalam kondisi normal, semua request akan menuju host pertama. Host kedua akan memeriksa ketersediaan layanan pada host pertama. Host ketiga akan memeriksa ketersediaan layanan pada host pertama dan host kedua.

Pemeriksaan ketersediaan dengan cara menjalankan perintah ping dengan selang waktu 15 detik. Jika host pertama gagal, maka host kedua akan mengambil alih layanan dari host pertama. Caranya dengan mengambil alamat IP dan hostname dari host pertama dan menempatkannya ke host kedua. Kemudian, jika host kedua gagal, maka host ketiga mengambil alih layanan dari host kedua dengan cara yang sama dengan sebelumnya.

Pertanyaan:
Bagaimana jika layanan pada host yang gagal kembali menyala (kembali ke kondisi normal)? Apa skenarionya?

Komentar

  1. Apa skenarionya ga sama aja bang?
    Macem ketika host 2 merasakan host 1 gagal atau ketika host 3 merasakan host 2 yang gagal.

    Hanya saja mungkin host yang baru nyala perlu ngasih kabar ke rekannya. Jadi, prosedur ping bisa dilanjutkan dan identitas yang dipinjamkan bisa dikembalikan.

    BalasHapus
  2. Nah, justru pernyataanmu ini sebenarnya coba menjawab pertanyaan dari skenario failover yang mau dibuat diatas ini :)

    Thanks for the opinion

    BalasHapus
  3. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya kawan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi