Tentang Motivasi

Aku pernah baca dari tulisan seorang teman Facebook di dinding bahwa, seorang dosen pernah berkata padanya bahwa "Sesuatu yang buruk tapi tidak membunuhmu dapat membuatmu lebih kuat". Setelah membaca tulisan itu, aku bertanya-tanya apakah betul demikian?. Lama memang aku memikirkan kata-kata itu, karena ada sedikit hal yang mengganjal di hati sebab tulisan itu.

Aku berpikir tidak begitu adanya kira-kira yang menjadi penyebab motivasi. Perlakuan yang buruk bukanlah penyebab seseorang termotivasi untuk menjadi lebih kuat. Jika memang perlakuan buruk adalah kunci utama motivasi, mengapa ada yang malah tidak termotivasi sama sekali? Mengapa ada yang malah termotivasi dengan perlakuan baik? Itu artinya penyebab utama bukanlah perlakuan itu sendiri. Jadi kata-kata itu memang enggak bisa dipegang menjadi panduan utama untuk memotivasi.

Lalu, aku berpikir-pikir lagi musabab yang mampu membuat orang termotivasi kemudian berniat berubah. Sampai aku akhirnya tersadar karena pertanyaan, mengapa aku ingin menurunkan berat badanku? karena aku sadar bahwa obesitas adalah jalan mudah menuju ketidakbugaran dan penyakit. Aku juga sadar bahwa tauladan utamaku, Sayyidina Muhammad SAW adalah orang yang sehat dan bugar melalui kebiasaan-kebiasaannya.

Kunci utama motivasi adalah kesadaran dan jalan memperoleh kesadaran memang bermacam-macam. Ada yang melalui makian-makian, kritikan dan perlakuan buruk lainnya. Ada pula yang melalui diskusi, nasihat-nasihat dan petuah-petuah bijak. Kadar yang bisa diterima oleh orang-orang juga berbeda antara perlakuan buruk dan perlakuan baik.

Ingat! Kata kuncinya adalah Ke-sa-da-ran. Selamat termotivasi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi