LVS-log-saya #3

Berhubung pengerjaan Director kedua belum kelar, pengerjaan LVS hari ini hanya menambah satu server lagi (RS3) ke Director pertama.

Screenshot hasil konfigurasi LVS

Dari screenshot di atas terlihat terdapat tiga server yang sudah ditambahkan ke dalam LVS. Masing-masing dengan IP 10.4.12.213, 10.4.12.214 dan 10.4.12.215. Sedangkan Virtual IP dari LVS adalah 10.4.12.216. Algoritma penjadwalan yang digunakan adalah Round-Robin (rr). Metode LVS yang aku pakai pada pengerjaan ini adalah Direct Routing.

Oya, kali ini untuk mempermudah konfigurasi, aku membuat beberapa shell script agar kita tidak perlu mengulang-ulang perintah yang begitu panjang beberapa kali pada setiap mesin yg kita konfigurasi. Cukup eksekusi saja shell script yang kita buat dan konfigurasi selesai. Hal ini sangat disarankan pada para Sysadmin pemula seperti aku ini.

Tahap berikutnya adalah menyelesaikan Director kedua dan menentukan aplikasi yang digunakan untuk Redundancy. Ada beberapa pilihan yaitu, heartbeat, heartbeat + ldirectord (Ultramonkey), Mon, dan Keepalived.

Tapi, sebelumnya harus menyelesaikan beres-beres di laboratorium dulu biar suasana pengerjaan lebih kondusif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam Pergantian Tahun & Resolusi